Adek Alwi
http://www.suarakarya-online.com/
USAI Idul Fitri 2007 lalu Pemrov DKI Jakarta kembali merazia kaum urban baru, seakan menegaskan lagi "ketertutupan" Jakarta bagi mereka. Tetapi bagi kaum pengarang hal itu kini tidak penting-penting amat. Mau terbuka atau tertutup Jakarta bukan lagi yang memiliki fasilitas terlengkap dan oleh karena itu harus diserbu. Dunia telah berubah. Juga Tanah Air, berkat kemajuan teknologi informasi-komunikasi.
Dua puluh lima tahun yang silam pada Temu Sastra '82 di TIM Jakarta, sastrawan Gerson Poyk mengungkapkan motivasi perpindahan kaum pengarang Indonesia ke kota besar. Antara lain, untuk mengembangkan "bakat alam" yang dimiliki akibat "pendidikan formal yang tersendat-sendat", juga karena "tidak adanya perpustakaan" di daerah atau di tanah kelahiran. Kacaunya pendidikan, tak adanya perpustakaan, dan sulitnya komunikasi terutama dengan sesama sastrawan berpengaruh terhadap pengembangan kepengarangan.
Gerson tidak berlebihan, namun ia tentu bicara tentang pengarang segenerasi, juga sebelum dia. Dan kita pun tahu situasi kondisi Tanah Air masa generasi itu. Negeri belum lama merdeka, setelah terjajah lama. Ekonomi payah. Sekolah, terlebih-lebih perguruan tinggi terbatas jumlahnya. Yang memadai memang ada di kota-kota besar terutama di ibu kota negara, Jakarta.
Di Jakarta, sejak lama ada penerbit buku, koran, majalah, yang besar-besar. Juga majalah-majalah sastra atau kebudayaan. Setelah kemerdekaan kedutaan-kedutaan negara sahabat bermunculan dan perpustakaannya bisa pula dimanfaatkan untuk melongok dunia menyibak cakrawala. Sekolah maupun perguruan tinggi (untuk yang ingin melanjutkan pendidikan yang tersendat), tersedia. Tahun 1968, oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dibangun Taman Ismail Marzuki, dan kaum seniman bahagia karena punya tempat untuk berkreasi, berdiskusi, berkumpul; tadinya terpencar dan terpopuler di Senen, sebagaimana Malioboro di Yogyakarta. Hingga akhir dekade 1980 TIM seperti barometer berkesenian di Tanah Air; ada kebanggaan tampil di sana, seolah seseorang sudah ditahbiskan sebagai seniman/sastrawan nasional.
Namun, satu-dua dekade terakhir para sastrawan merasa tidak perlu lagi pindah ke kota besar, bahkan Jakarta sekalipun; justru banyak yang menetap di kota kecil bukan ibu kota provinsi. Sebutlah Ahmad Tohari di Tinggarjaya, Banyumas; Beni Setia di Caruban; Zawawi Imron di Sumenep; Gus TF Sakai dan Iyut Fitra di Payakumbuh; Acep Zamzam Noer di Tasikmalaya; Hardho Sayoko SPB di Kedungalar, Ngawi; Sunaryono Basuki KS di Singaraja, Bali; Mardi Luhung di Gresik, Jawa Timur serta banyak lagi lainnya. Semua sehat saja, baik saja, mampu menjaga kreativitas dengan apik. Atau pinjam istilah Gerson Poyk, mengembangkan bakat yang dimiliki.
Perubahan sikap itu tersebab banyak hal, tapi utama akibat pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik dibanding zaman generasi Gerson Poyk. Dan, lebih penting lagi, berkat kemajuan teknologi informasi-komunikasi luar biasa di tingkat global, yang juga melanda Tanah Air. Di mana pun orang sekarang bermukim tidak akan terpencil. Telepon seluler menghubungkan manusia satu sama lain. Televisi, komputer, internet, atau entah apa lagi membuka akses semua rupa informasi, tak kecuali yang ada di pojok-pojok dunia terjauh sekalipun. Sekat-sekat dunia telah rubuh. Dunia terbuka, menyatu. Menganga.
Ekonomi yang lebih baik daripada era '50-an dan '60-an juga melahirkan penerbit lebih banyak, bank lebih banyak, di samping sekolah-perguruan tinggi yang bertebaran di seantero Tanah Air. Toko buku di mana-mana. Satu-dua dekade lalu kita cuma memiliki majalah sastra-kebudayaan Horison serta Basis sesudah Budaya Jaya pun tidak terbit lagi di awal 1980-an. Selain Horison, Basis, belakangan muncul Kalam, Jurnal Puisi, Jurnal Cerpen serta sederetan lainnya di berbagai daerah.
Sementara itu koran serta majalah yang memuat esai, sajak, cerpen makin banyak. Beredar hingga pintu rumah. Mengirim karya lebih praktis, mudah, lewat e-mail, atau tak perlu ke pos. Begitu pula honor, tiap saat bisa dipantau atau diambil lewat ATM berbagai bank yang juga bertebaran di mana-mana, tak hanya di kota besar apalagi Jakarta tok.
Semua itu berkah, sudah tentu. Selain bebas stres akibat macet dan banjir Jakarta yang parah, honor mungkin terasa lebih sedap oleh pengarang karena biaya hidup di kota kecil atau di kampung relatif rendah. Lebih mendasar lagi, fokus. Dapat lebih konsentrasi mengkaji diri di tengah dunia seperti ini, menyigi ke putih-tulang pelbagai aspek negeri dewek, lantaran energi tidak hilang lenyap menguap dihisap hiruk-pikuk kota besar yang pengap.
Walhasil, ke depan, ada harapan kita tidak sekadar figuran di tengah-tengah dunia yang terbuka, menganga. Tak hanya konsumen. Ada harapan akan lahir karya-karya yang ikut bicara di percaturan dunia, beraroma Nusantara, sebagaimana karya pengarang asal India yang sekarang berkibar tidak ubahnya bendera. Bukankah dunia yang terbuka juga menyeragamkan dan orang rindu yang khas, yang spesifik? (Eh, jangan-jangan karena itu penyair Afrizal Malna meninggalkan Jakarta tinggal di Solo atau Yogya, agar dekat-dekat dengan roh Tanah Air; Ajip Rosidi memilih menetap dekat Borobudur, tak di Jakarta atau di Bandung setelah merantau lama di Jepang; atau Wisran Hadi yang balik lagi ke Padang dan tetap tidak guyah untuk tergoda hengkang ke kota lebih besar sebutlah Jakarta selesai mengajar di Kualalumpur.)
Tetapi agaknya memang ada yang hilang di tengah-tengah dunia seperti sekarang. Sebagaimana lazimnya teknologi, teknologi informasi serta komunikasi canggih dewasa ini juga tidak bebas dari karakternya yang cenderung menyendirikan manusia, termasuk kita, para pengarang. Komunikasi langsung yang heboh bergairah tergantikan komunikasi senyap lewat pesan-singkat, internet, telepon seluler. Dan kita pun kehilangan raut wajah, ekspresi, gerak tangan kawan bicara, yang kadang menggetarkan gelas kopi di meja. Dan tidak pula bisa serentak kita lakukan dengan banyak kawan, sewaktu rindu bertukar cerita perkara anak-cucu yang lucu maupun pergulatan-pergulatan kreatif dalam mengarang.
Malangnya, lembaga-lembaga berkompeten semisal Dewan Kesenian Jakarta kini pun tidak lagi menyelenggarakan pertemuan sastrawan bagai tempo dulu. Bahkan Wisma Seni di TIM telah digusur. Di atasnya berdiri gedung megah, modern, dingin. Padahal, di kamar-kamar wisma itulah terjadi pertemuan sastrawan se-Indonesia yang sesungguhnya, melalui percakapan-percakapan intens-manusiawi hingga larut hari.
Apa buat. Itu memang cerita lain lagi. Sekarang zaman berubah dan kita berada di tengah-tengah dunia yang terbuka, menganga, dengan coraknya yang sangat beda dengan dua puluh lima atau puluhan tahun yang silam. Walau tempo-tempo, memang terasa aneh atawa ganjil. ***
*) Pengarang dan wartawan.
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Musthafa
A Rodhi Murtadho
A Wahyu Kristianto
A. Mustofa Bisri
A. Qorib Hidayatullah
A. Zakky Zulhazmi
A.J. Susmana
A.S. Laksana
Aang Fatihul Islam
Abdul Azis Sukarno
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Hadi W. M.
Abdul Kadir Ibrahim
Abdul Malik
Abdul Wachid BS
Abdullah al-Mustofa
Abdullah Khusairi
Abdurrahman Wahid
Abidah El Khalieqy
Abimanyu
Abimardha Kurniawan
Abroorza A. Yusra
Acep Iwan Saidi
Acep Zamzam Noor
Achmad Maulani
Adek Alwi
Adhi Pandoyo
Adrian Ramdani
Ady Amar
Afrizal Malna
Agnes Rita Sulistyawati
Aguk Irawan Mn
Agus R. Sarjono
Agus Riadi
Agus Subiyakto
Agus Sulton
Aguslia Hidayah
Ahda Imran
Ahm Soleh
Ahmad Farid Tuasikal
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Fatoni
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Luthfi
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Nurhasim
Ahmad Sahidah
Ahmad Syauqi Sumbawi
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadie Thaha
Ahmadun Yosi Herfanda
Ainur Rasyid
AJ Susmana
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Muhaimin Azzet
Akhmad Sekhu
Alan Woods
Alex R. Nainggolan
Alexander Aur
Alexander G.B.
Alfian Dippahatang
Ali Audah
Ali Rif’an
Aliela
Alimuddin
Alit S. Rini
Alunk Estohank
Ami Herman
Amich Alhumami
Amien Wangsitalaja
Aming Aminoedhin
Aminudin TH Siregar
Ammilya Rostika Sari
An. Ismanto
Anaz
Andaru Ratnasari
Andhi Setyo Wibowo
Andhika Prayoga
Andong Buku #3
Andrenaline Katarsis
Andri Cahyadi
Angela
Anies Baswedan
Anindita S Thayf
Anjrah Lelono Broto
Anton Kurnia
Anton Sudibyo
Anton Wahyudi
Anwar Holid
Anwar Siswadi
Aprinus Salam
Arie MP Tamba
Arif Hidayat
Arif Zulkifli
Arti Bumi Intaran
Asarpin
Asep Sambodja
Asvi Warman Adam
Awalludin GD Mualif
Ayu Utami
Azyumardi Azra
Babe Derwan
Bagja Hidayat
Balada
Bandung Mawardi
Bayu Agustari Adha
Beni Setia
Benni Setiawan
Benny Benke
Bentara Budaya Yogyakarta
Berita
Bernadette Lilia Nova
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshäuser
Bhakti Hariani
Binhad Nurrohmat
Bokor Hutasuhut
Bonari Nabonenar
Brunel University London
Budaya
Budhi Setyawan
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budi Winarto
Buku Kritik Sastra
Buldanul Khuri
Bustan Basir Maras
Camelia Mafaza
Capres dan Cawapres 2019
Catatan
Cecep Syamsul Hari
Cerpen
Chairil Anwar
Chamim Kohari
Choirul Rikzqa
D. Dudu A.R
D. Dudu AR
D. Zawawi Imron
Dahono Fitrianto
Dahta Gautama
Damanhuri
Damar Juniarto
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Dantje S Moeis
Darju Prasetya
Darma Putra
Darman Moenir
Darmanto Jatman
Dedy Tri Riyadi
Delvi Yandra
Denny JA
Denny Mizhar
Dewi Anggraeni
Dian Basuki
Dian Hartati
Dian Sukarno
Dian Yanuardy
Diana AV Sasa
Dinar Rahayu
Djenar Maesa Ayu
Djoko Pitono
Djoko Saryono
Doddi Ahmad Fauji
Dody Kristianto
Donny Anggoro
Donny Syofyan
Dorothea Rosa Herliany
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwi S. Wibowo
Dwicipta
Edeng Syamsul Ma’arif
Edi Warsidi
Edy Firmansyah
EH Kartanegara
Eka Alam Sari
Eka Budianta
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Ellyn Novellin
Elnisya Mahendra
Emha Ainun Nadjib
Emil Amir
Engkos Kosnadi
Esai
Esha Tegar Putra
Evan Ys
F. Budi Hardiman
Fadly Rahman
Fahmi
Fahrudin Nasrulloh
Faisal Kamandobat
Fani Ayudea
Fariz al-Nizar
Faruk HT
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Fatkhul Anas
Fatkhul Aziz
Felix K. Nesi
Film
Fitri Yani
Franditya Utomo
Fuska Sani Evani
Gabriel Garcia Marquez
Gandra Gupta
Garna Raditya
Gde Artawan
Geger Riyanto
Gendhotwukir
George Soedarsono Esthu
Gerakan Surah Buku (GSB)
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gunawan Budi Susanto
Gunawan Tri Atmojo
H. Supriono Muslich
H.B. Jassin
Hadi Napster
Halim H.D.
Hamberan Syahbana
Hamidah Abdurrachman
Han Gagas
Hardi Hamzah
Haris del Hakim
Haris Priyatna
Hasan Aspahani
Hasan Gauk
Hasan Junus
Hasnan Bachtiar
Helvy Tiana Rosa
Helwatin Najwa
Hendra Junaedi
Hendra Makmur
Hendriyo Widi Ismanto
Hepi Andi Bastoni
Heri Latief
Heri Listianto
Herry Firyansyah
Heru Untung Leksono
Hikmat Darmawan
Hilal Ahmad
Hilyatul Auliya
Holy Adib
Hudan Hidayat
Hudan Nur
Husnun N Djuraid
I Nyoman Suaka
Ibnu Rizal
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
IGK Tribana
Ignas Kleden
Ignatius Haryanto
Iksan Basoeky
Ilenk Rembulan
Ilham khoiri
Imam Jazuli
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Iman Budi Santosa
Imelda
Imron Arlado
Imron Tohari
Indiar Manggara
Indira Margareta
Indra Darmawan
Indra Tjahyadi
Indra Tranggono
Indrian Koto
Ingki Rinaldi
Insaf Albert Tarigan
Intan Hs
Isbedy Stiawan ZS
Ismail Amin
Ismi Wahid
Ivan Haris
Iwan Gunadi
Jacob Sumardjo
Jafar Fakhrurozi
Jajang R Kawentar
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jean-Marie Gustave Le Clezio
JJ. Kusni
Joko Pinurbo
Joko Sandur
Joko Widodo
Joni Ariadinata
Jual Buku Paket Hemat
Julika Hasanah
Julizar Kasiri
Jumari HS
Junaidi
Jusuf AN
Kadir Ruslan
Kartika Candra
Kasnadi
Katrin Bandel
Kenedi Nurhan
Ketut Yuliarsa
KH. Ma'ruf Amin
Khaerudin
Khalil Zuhdy Lawna
Kholilul Rohman Ahmad
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Teater Sekolah Kabupaten Gresik (KOTA SEGER)
Korrie Layun Rampan
Krisandi Dewi
Kritik Sastra
Kucing Oren
Kuswinarto
Langgeng Widodo
Lathifa Akmaliyah
Latief S. Nugraha
Leila S. Chudori
Lenah Susianty
Leon Agusta
Lina Kelana
Linda Sarmili
Liston P. Siregar
Liza Wahyuninto
M Shoim Anwar
M. Arman A.Z.
M. Fadjroel Rachman
M. Faizi
M. Harya Ramdhoni
M. Kasim
M. Latief
M. Wildan Habibi
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Mahdi Idris
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria hartiningsih
Maria Serenada Sinurat
Mario F. Lawi
Maroeli Simbolon S. Sn
Marsus Banjarbarat
Marwanto
Mas Ruscitadewi
Masdharmadji
Mashuri
Masriadi
Mawar Kusuma Wulan
Max Arifin
Melani Budianta
Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia
Mezra E. Pellondou
Micky Hidayat
Mihar Harahap
Misbahus Surur
Moh Samsul Arifin
Moh. Syafari Firdaus
Mohamad Asrori Mulky
Mohammad Afifuddin
Mohammad Fadlul Rahman
Muh Kholid A.S.
Muh. Muhlisin
Muhajir Arifin
Muhamad Sulhanudin
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Amin
Muhammad Azka Fahriza
Muhammad Rain
Muhammad Subhan
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun A.S
Muhidin M. Dahlan
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Mustafa Ismail
Nafi’ah Al-Ma’rab
Naskah Teater
Nezar Patria
Nina Setyawati
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Noor H. Dee
Noval Maliki
Nunuy Nurhayati
Nur Haryanto
Nurani Soyomukti
Nurel Javissyarqi
Nurhadi BW
Nurudin
Octavio Paz
Oliviaks
Orasi Budaya Akhir Tahun 2018
Pablo Neruda
Pamusuk Eneste
Panda MT Siallagan
Pandu Jakasurya
PDS H.B. Jassin
Philipus Parera
Pradewi Tri Chatami
Pramoedya Ananta Toer
Pramono
Pranita Dewi
Pringadi AS
Prosa
Puisi
Puisi Menolak Korupsi
PuJa
Puji Santosa
Puput Amiranti N
Purnawan Andra
PUstaka puJAngga
Putri Utami
Putu Fajar Arcana
Putu Wijaya
Qaris Tajudin
R Sutandya Yudha Khaidar
R. Sugiarti
R. Timur Budi Raja
R.N. Bayu Aji
Rachmad Djoko Pradopo
Radhar Panca Dahana
Rahmadi Usman
Rahmat Sudirman
Rahmat Sularso Nh
Rahmat Sutandya Yudhanto
Raihul Fadjri
Rainer Maria Rilke
Raja Ali Haji
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Raudal Tanjung Banua
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Revolusi
Riadi Ngasiran
Ribut Wijoto
Ridha al Qadri
Ridwan Munawwar
Rikobidik
Riri
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Rizky Andriati Pohan
Robert Frost
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rohman Budijanto
Romi Febriyanto Saputro
Rosihan Anwar
RR Miranda
Rudy Policarpus
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S.I. Poeradisastra
S.W. Teofani
Sabam Siagian
Sabrank Suparno
Saiful Amin Ghofur
Sainul Hermawan
Sajak
Sakinah Annisa Mariz
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sapardi Djoko Damono
Sartika Dian Nuraini
Sastra
Sastra Gerilyawan
Sastri Sunarti
Satmoko Budi Santoso
Saut Situmorang
Sejarah
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
SelaSastra
SelaSastra ke #24
Selasih
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Shadiqin Sudirman
Shiny.ane el’poesya
Sidik Nugroho
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan
Siti Sa’adah
Sitok Srengenge
Siwi Dwi Saputro
Sjifa Amori
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sosiawan Leak
Sri Wintala Achmad
Sri Wulan Rujiati Mulyadi
Subhan SD
Suci Ayu Latifah
Sulaiman Djaya
Sulistiyo Suparno
Sunaryo Broto
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Sunudyantoro
Suriali Andi Kustomo
Suryadi
Suryansyah
Suryanto Sastroatmodjo
Susi Ivvaty
Susianna
Susilowati
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suwardi Endraswara
Syaifuddin Gani
Syaiful Bahri
Syam Sdp
Syarif Hidayatullah
Tajuddin Noor Ganie
Tammalele
Tan Malaka
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
Teguh Trianton
Tengsoe Tjahjono
Th Pudjo Widijanto
Thayeb Loh Angen
Theresia Purbandini
Tia Setiadi
Tito Sianipar
Tiya Hapitiawati
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Toko Buku Murah PUstaka puJAngga
Tosa Poetra
Tri Joko Susilo
Triyanto Triwikromo
Tu-ngang Iskandar
Udo Z. Karzi
Uly Giznawati
Umar Fauzi
Umar Kayam
Undri
Uniawati
Universitas Indonesia
UU Hamidy
Vyan Tashwirul Afkar
W Haryanto
W.S. Rendra
Wahyudin
Wannofri Samry
Warung Boenga Ketjil
Waskiti G Sasongko
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Web Warouw
Wijang Wharek
Wiko Antoni
Wina Bojonegoro
Wira Apri Pratiwi
Wiratmo Soekito
Wishnubroto Widarso
Wiwik Hastuti
Wiwik Hidayati
Wong Wing King
WS Rendra
Xu Xi (Sussy Komala)
Y. Thendra BP
Y. Wibowo
Yani Arifin Sholikin
Yesi Devisa
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yosi M. Giri
Yusi Avianto Pareanom
Yusri Fajar
Yusrizal KW
Yuval Noah Harari
Yuyu AN Krisna
Zaki Zubaidi
Zalfeni Wimra
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zen Hae
Zhaenal Fanani
Zuarman Ahmad
Zulfikar Akbar
Zulhasril Nasir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar